Wisuda Periode I Tahun Akademik 2012/2013

 

Universitas HKBP Nommensen (UHN) kembali melaksanakan Wisuda Ahli Madya, Sarjana dan Pascasarjana, Sabtu 20 April 2013 di Griya Dome Convention Center Jalan T. Amir Hamzah Medan. Pada wisuda Periode I Tahun Akademik 2012/2013 ini, sebanyak 459 wisudawan dan wisudawati ikut ambil bagian. 17 orang diantaranya merupakan wisudawan dan wisudawati terbaik dengan IPK 3,08 hingga 3,95. Upacara serupa juga rencananya akan dilaksanakan khusus untuk 224 lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kampus Pematangsiantar pada hari Sabtu, 27 April 2013.

Rangkaian upacara wisuda ini diawali kebaktian singkat, pemberian cinderamata kepada dosen dan pegawai purnabakti, upaca nasional, dilanjutkan dengan kata bimbingan dan pembacaan nama-nama wisudawan dan wisudawati yang diselingi lagu-lagu persembahan Paduan Suara Concordia UHN. 

 

Hadir pada wisuda itu Kopertis Wilayah I Sumut –Aceh yang diwakili Sespel Drs. Rudi K. Nababan, M.Si, Sekjen HKBP Pdt. Mori Sihombing, MTh, Ketua Pengurus Yayasan UHN Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, Sekretaris Pengurus Yayasan Prof. Dr. Albiner Siagian dan Bendahara Pengurus Yayasan sekaligus Ketua Umum Ikatan Alumni UHN Tongariodjo Angkasa, SE, MM, MBA.

Dalam sambutannya, Rektor UHN Dr.Ir.Jongkers Tampubolon, MSc. menyampaikan  rasa terima kasih atas kepercayaan para orang tua yang telah menitipkan anak-anak mereka di salah satu universitas tertua di Sumatera Utara ini. Atas kepercayaan tersebut, lanjutnya, dalam lima tahun terakhir ini jumlah mahasiswa di UHN terus meningkat setiap tahunnya yakni sekitar 3.000 – 3.500 mahasiswa baru. Untuk tahun akademik 2012/2013 ini UHN mulai dengan 13.500 mahasiswa aktif.

Menyikapi kepercayaan masyarakat, UHN terus berbenah diri. Untuk mencapai target menjadikan tahun 2013 sebagai tahun pengembangan organisasi (organizational development), maka dalam tahun ini juga UHN sudah harus memiliki Rencana Induk Pe ngembangan Universitas untuk jangka waktu 15 hingga 25 tahun ke depan. 

 

 

Lebih jauh Jongkers Tampubolon mendorong agar para Ahli Madya dan Sarjana Baru menunjukkan karya baktinya sebagai imbalan atas upaya, waktu dan dana yang telah diinvestasikan selama ini. Sementara bagi wisudawan dari Program Pascasarjana, ia berharap agar ilmu yang diperoleh dapat menunjang perkembangan karir dan memberikan jawaban atas pekerjaan yang sedang ditekuni, baik berupa pembenaran teoritis atas apa yang selama ini dipraktikkan atau sebaliknya, ilmu yang diperoleh akan menjadi dasar bagi koreksi atas apa yang selama ini telah dijalankan secara menyimpang dari teori-teori yang secara umum diterapkan dalam organisasi modern.

 

Jongkers Tampubolon menilai bahwa saat ini orang sangat mudah menunjukkan berbagai kekurangan di negeri ini, tetapi hampir semua orang yang berbicara tentang keburukan itu tidak menawarkan solusi. Sebaliknya, kita sering mengharapkan orang lain untuk melakukan perbaikan atas keburukan atau kekurangan yang kita kemukakan. Situasi seperti ini tidak akan membawa perubahan. Ia menegaskan bahwa perbaikan masyarakat harus dimulai dari diri sendiri   

“Sebagai anggota masyarakat intelektual yang telah dididik untuk kritis, saya berharap agar saudara-saudara wisudawan dapat menjadi duta moral Universitas HKBP Nommensen yang mampu mengembangkan toleransi, menghargai perbedaan dengan tetap berusaha untuk menjadi pelopor dalam memberi sumbangan bagi peradaban dan perdamaian dunia. Dengan demikian akan terwujud slogan UHN membangun Indonesia dari Sumatera Utara”, pesannya. 

 

Sespel Kopertis Wilayah I Sumut – Aceh Drs. Rudi K. Nababan mengatakan UHN termasuk salah satu universitas yang punya nama di mata masyarakat. Terbukti dari demikian banyaknya lulusan yang dihasilkan. “Untuk itu kami ucapkan selamat dan terima kasih atas sumbangsih UHN mendukung program pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan pendidikan”, katanya.

Ikatan Alumni UHN (IKA UHN) juga turut memberikan apresiasi yang tinggi bagi para lulusan UHN. Salah satu bentuk apresiasi tersebut adalah dengan memberikan cinderamata berupa laptop bagi wisudawan terbaik Duma Ratna Sari Manullang. IKA UHN juga ikut membekali para alumni baru untuk memasuki dunia kerja dengan serangkaian kegiatan dialog interaktif dan ceramah.   

 

“Kita bangga menjadi alumni UHN. UHN yang melahirkan kita maka kita jugalah yang harus membangun almamater ini”, tegas Tongariodjo Angkasa.